9 Tips Agar Semangat Belajar Selama Berpuasa

9 Tips Agar Semangat Belajar Selama Berpuasa

9 Tips Semangat Belajar Saat Puasa

9 Tips Agar Semangat Belajar Selama Berpuasa
1. sahur bergizi

Makan sahur

Sahurlah dengan makanan bernutrisi lengkap

Seperti kata pepatah, Anda adalah apa yang Anda makan. Makanlah makanan bergizi lengkap saat sahur, dengan porsi yang tepat! Bahan penting yang harus Anda perhatikan dalam diet Anda antara lain karbohidrat, protein, dan serat.

Karbohidrat ada pada nasi, singkong, atau kacang hijau, protein ada pada daging, ikan, tempe dan tahu. Sedangkan kebutuhan serat bisa Anda penuhi dari sayur dan buah-buahan.

Pastikan porsi makanmu tidak menjadi terlalu banyak atau bahkan kurang ya guys! Tentunya juga harus dilengkapi dengan 2 liter air putih yang bisa Anda bagi jadwal minumnya antara buka puasa dan sahur.

Oh ya, satu hal lagi, jika memungkinkan, lebih baik makan sahur dengan makanan baru, bukan dengan sisa buka puasa hari sebelumnya, karena kandungan nutrisinya sudah berkurang.

2. Belajar setelah sahur

Siapa yang suka langsung tidur, setelah sahur dan setelah ibadah?

Ternyata, tidur setelah sahur justru membuat kita merasa lemas saat bangun, lho! Hal ini disebabkan oleh kemungkinan siklus tidur yang kita lalui tidak maksimal, sehingga sebaiknya kita memaksimalkan tidur di malam hari.

Jika pada malam hari kita mendapatkan istirahat yang cukup, maka akan terasa lebih segar ketika memulai aktivitas di pagi hari, misalnya membaca Al-Qur’an kemudian dapat kita manfaatkan untuk belajar. Waktu belajar di pagi yang tenang juga bisa membantu Anda fokus saat belajar!

3. Tidur siang

Tidur siang dapat membantu menghemat energi untuk aktivitas Anda di sore hari!

Manfaatkan waktu siang hari untuk beristirahat dengan tidur siang jika ada kesempatan. Tidur siang yang singkat membantu kita mengistirahatkan tubuh, dan mengaktifkan otak dalam memproses dan menghubungkan informasi yang kita dapatkan selama beraktivitas di pagi hari.

Namun, jangan berlebihan! Jangan gunakan tidur siang agar puasa cepat berakhir 🙂 Waktu yang disarankan untuk tidur siang adalah antara jam 1 sampai jam 3 sore. Jika sudah terlambat, tidak disarankan untuk tidur lagi!

4. Belajar di sore hari

Sudah merasa terisi kembali setelah tidur siang? Waktu di sore hari sangat cocok, bagi Anda untuk mengulas materi pelajaran. Jika akhir pekan atau tidak ada materi pelajaran, kita dapat menggunakannya di sore hari untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Misalnya, membaca buku, mendengarkan lagu, melakukan olahraga ringan, atau mungkin membantu ibu mempersiapkan buka puasa. Menghitung waktu bisa ngabuburit atau sibuk sambil menunggu waktu berbuka!

5. Tidur yang cukup di malam hari

Di bulan puasa, akan ada lebih banyak aktivitas yang membuat kita tidur lebih lambat dari biasanya. Buka puasa bersama, sholat tarawih dan mengaji, atau bahkan sekedar hang out bersama teman atau keluarga.

Kita harus tahu, kapan kita harus tidur larut, dan kapan kita harus istirahat, sesuai dengan fisik, emosi, dan aktivitas kita yang akan dilakukan keesokan harinya. Jangan begadang, nanti subuh!

6. Belajar online

belajar menggunakan Ruangguru

Belajar online dengan Ruangguru di Ruangstudi

Karena pandemi tidak seseram dulu lagi, sebagian dari kita mungkin sudah mulai terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah. Misalnya ke sekolah yang sudah tatap muka, ke tempat bimbingan belajar, ke rumah teman, dan lain sebagainya.

Dengan belajar online, kita bisa belajar dari rumah, dari berbagai sumber juga. Anda juga dapat belajar lebih banyak daripada yang dapat Anda pelajari dalam pertemuan tatap muka di sekolah.

Selain itu, jadwal belajar juga fleksibel sesuai dengan waktu luang Anda. Apalagi kalau bisa diajar oleh adik-adik asik dari Brain Academy, belajar di bulan puasa tetap bisa semangat!

7. Belajar agama

Suasana bulan Ramadhan selalu membuat kita merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini membuat kita semakin sugestif untuk lebih banyak berbuat baik dan beribadah.

Manfaatkan suasana hati ini untuk belajar ilmu agama sebanyak-banyaknya. Berbagai pengajian, acara televisi, tarawih dan pengajian subuh yang hanya ada di bulan puasa harus kita ikuti dan serap, untuk membentuk diri yang lebih baik.

Di momen-momen bulan Ramadhan seperti ini, kamu bisa fokus beribadah dan berdoa, agar perjuangan belajarmu bisa memenuhi hasil yang kamu inginkan!

8. Aktivitas fisik ringan

Selama berpuasa, alangkah baiknya jika kita tetap melakukan aktivitas fisik agar otak kita tetap segar dalam belajar. Aktivitas tersebut tidak harus berat, namun kita bisa melakukan olahraga ringan, jalan kaki, bersepeda, dan aktivitas fisik ringan lainnya untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, bahkan saat berpuasa. Aktivitas fisik yang ringan, asalkan tidak dibarengi dengan menyeruput es teh manis, tidak akan membuat puasa kita batal, kok 😀

Sumber :

11