Angin-adalah-faktor-fungsi-proses-penyebab-kecepatan

Angin adalah: faktor, fungsi, proses, penyebab, kecepatan

Pahami angin
Buka baca cepat

Angin adalah peredaran udara dalam jumlah besar yang disebabkan oleh peredaran bumi dan karena adanya perbedaan bentangan udara di sekitar bumi. Angin bergerak dari udara tinggi ke udara rendah.
Pengertian angin Menurut para ahli

Angin-adalah-faktor-fungsi-proses-penyebab-kecepatan

Berikut pengertian angin menurut para ahli yaitu:

1. Menurut ilmuwan cuaca, membeli surat suara

Angin adalah massa udara yang bergerak dari area bertekanan maksimum ke area bertekanan minimum.

2. Menurut Stevenson

Kekuatan angin berbanding lurus dengan gradien barometriknya. Gradien barometrik adalah angka yang menunjukkan perbedaan tekanan udara antara dua isobar pada jarak lurus 111 km.
Faktor angin

Berikut ini adalah perbedaan faktor angin, yaitu sebagai berikut:

Gradien barometrik

Gradien barometrik adalah angka yang menunjukkan perbedaan rentang udara dua isobar yang jaraknya kira-kira 111 km.

Lokasi lokasi

Di tempat yang lebih dekat dengan ekuator, kecepatan angin lebih cepat daripada di tempat yang jauh dari ekuator.

Posisi tinggi

Semakin tinggi lokasinya, semakin cepat angin bertiup. Keadaan ini terjadi karena kecepatan udara dibatasi oleh gesekan.

waktu

Angin bergerak lebih cepat pada siang hari dibandingkan pada malam hari.
Jenis angin

Berikut 5 jenis angin, yaitu sebagai berikut:
1. Angin laut

Angin Laut adalah angin yang bertiup dari sudut laut ke darat. Secara umum, angin laut bertiup di pantai antara pukul 09.00 dan 16.00. siang hari.
2. Angin darat

Angin darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut. Angin darat terjadi pada malam hari di pantai antara jam 8 malam. dan 18:00
3. Angin lembah dan angin gunung

Angin lembah adalah angin yang berdesir dari lembah ke sudut puncak gunung. Angin lembah berlangsung pada siang hari. Sedangkan angin gunung adalah angin yang bertiup dari sudut puncak gunung hingga ke sudut lembah. Angin gunung berlanjut di malam hari.
4. Wind Fohn

Angin fohn merupakan angin yang terjadi setelah terjadinya hujan gunung. Ini adalah jenis hujan yang terjadi di lereng pegunungan. Hujan tersebut berasal dari pergerakan udara yang mengandung uap air yang terhalang oleh pegunungan.
Baca selengkapnya

5. Angin muson

Angin muson adalah angin yang berombak secara teratur. Ini setidaknya 3 bulan, dengan bentuk salib berubah setiap enam bulan.
Fungsi angin
Berikut 3 sifat angin yang bisa dirasakan langsung oleh orang awam yaitu:

Angin menciptakan tekanan terhadap permukaan berlawanan dengan arah angin
Angin mempercepat pendinginan benda panas
Kecepatan angin sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain dan dari waktu ke waktu.

Angin memiliki fungsi lain yang sangat penting yang mungkin tidak dikenali oleh manusia. Ini terdiri dari pencampuran lapisan udara antara udara panas dan dingin, antara udara lembab dan kering, antara udara kaya karbon dioksida dan udara miskin karbon.
Karena fungsi angin tersebut, antara lain, siklus air dapat berlangsung dan keracunan karbondioksida dapat dihindari di pusat-pusat perkotaan dan kawasan industri.
Keuntungan dari angin
Meskipun angin dapat menimbulkan bencana, namun juga dapat membawa manfaat yaitu sebagai pembangkit listrik tenaga kincir angin. Kincir angin adalah mesin yang menggunakan tenaga angin untuk menghancurkan biji-bijian, memompa air untuk mengairi ladang, dan menghasilkan energi listrik (turbin angin). Turbin angin banyak ditemukan di Eropa dan Amerika Utara. Sejauh ini, sekitar 20.000 turbin angin telah digunakan untuk menghasilkan listrik di seluruh dunia. Sebagian besar turbin ini dioperasikan di area khusus yang disebut “ladang angin”.
Padahal, energi angin telah digunakan manusia sejak lama selama 2000 tahun. Hingga saat ini, teknologi tersebut masih digunakan dan bahkan dikembangkan lebih lanjut. Alasannya, sumber energi ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga mudah didapat dan memiliki masa depan bisnis yang menguntungkan. Tak heran, sebagian besar negara maju di Eropa dan Amerika Serikat saat ini telah menggunakan sumber energi ini. Negeri yang dikenal sebagai negeri kincir angin itu adalah Belanda. Di negara ini kita bisa melihat berbagai kincir angin dengan ukuran berbeda. Sayangnya, jumlah kincir angin di negara itu semakin berkurang. Beberapa abad yang lalu Belanda memiliki sekitar 10.000 kincir angin, namun sejauh ini jumlahnya hanya sekitar 1.000 kincir angin.

Selain Belanda, Jerman merupakan negara di Eropa tempat pengembangan kincir angin lebih lanjut. Ada 14.000 kincir angin di negeri ini dengan kapasitas listrik lebih dari 12.000 MW. Nomornya mela

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/

6