ekonomi-mikro

Pengertian Ekonomi Mikro : Tujuan, Peran, Komponen

Pahami ekonomi mikro

ekonomi-mikro

Pengertian mikroekonomi adalah ekonomi yang secara khusus mengkaji perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan jumlah faktor input, barang dan jasa yang diperdagangkan.

Ekonomi mikro atau mikroekonomi juga berdampak langsung pada pengambilan keputusan mengenai penawaran dan permintaan barang atau jasa. Berdasarkan definisi mikroekonomi, tujuan utama perusahaan adalah dapat menganalisis pasar dan juga bagaimana mekanisme tersebut harus membentuk harga relatif produk dan jasa.

Berbagai aspek analisis dalam ekonomi mikro meliputi:

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori penawaran dan permintaan
  • elastisitas
  • Model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga

Peran ekonomi mikro dalam bisnis ini dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan secara teoritis menjelaskan kondisi pasar persaingan sempurna.

Ekonomi mikro menurut para ahli

Beberapa ahli di bidang ekonomi juga telah menjelaskan tentang pentingnya ekonomi mikro, antara lain:

1. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi mikro merupakan masalah ekonomi yang selalu rasional secara ekonomi. Akibatnya, pelaku ekonomi harus mempertimbangkan hal-hal yang rasional sebelum mengambil keputusan.

2. David Ricardo

Menurut David Ricardo, pengertian mikroekonomi adalah suatu kondisi dimana pelaku ekonomi sudah memiliki informasi mengenai spesifikasi suatu pasar. Dengan cara ini, ekonomi makro menjadi faktor krusial dalam pasar ekonomi global.

3. Marsekal dan Piqou

Menurut Marsekal dan Piqou, pengertian ekonomi mikro berarti tingkat mobilitas yang tinggi di pasar, sehingga pelaku ekonomi dapat segera beradaptasi atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di pasar.

4. N. G. Mankiw

Menurut N. G. Mankiw, pengertian mikroekonomi adalah ilmu yang membahas tentang peran masing-masing pelaku ekonomi, cara rumah tangga dan dunia usaha mengambil keputusan, dan cara mereka berinteraksi di pasar tertentu.

5. Sadono Sukirno

Menurut Sadono Sukirno, pengertian ekonomi mikro adalah sektor ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan bisnis serta penentuan harga pasar dan jumlah faktor input, barang dan jasa yang diperdagangkan.

Mikroekonomi ini menganalisis bagaimana semua pilihan dan perilaku ini mempengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa, yang menentukan harga dan kemudian menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa.

Lingkup ekonomi mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro terletak pada konsumen dan produsen. Dalam dunia bisnis, produsen dan konsumen tersebut adalah individu-individu dalam rumah tangga, komunitas, organisasi atau perusahaan.

Mikroekonomi ini mempelajari perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksinya di pasar untuk faktor-faktor produksi. Sederhananya, ruang lingkup ekonomi ini meliputi:

  • Ekuilibrium permintaan, penawaran dan harga pasar
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran
  • Teori perilaku konsumen
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan pabrikan dan keuntungan
  • Pasar kompetitif yang sempurna
  • Pasar monopoli
  • Pasar oligopoli
  • Pasar kompetitif monopoli
  • Permintaan masukan
  • Mekanisme Harga dan Distribusi Pendapatan

Tujuan mikroekonomi

Beberapa tujuan ekonomi mikro ini antara lain:

  • Analisis mekanisme pasar yang mempengaruhi harga relatif barang dan jasa dan alokasi dari sumber terbatas di antara banyak penggunaan alternatif
  • Lakukan analisis kegagalan pasar. Dalam hal ini, pasar tidak memberikan hasil yang efisien dan menjelaskan kondisi teoritis yang diperlukan untuk pasar persaingan sempurna.

Teori Ekonomi Mikro

Setelah memahami pengertian ekonomi mikro dan tujuannya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja yang dianalisis dalam ekonomi mikro. Analisis mikroekonomi (mikroekonomi) dibagi menjadi tiga, diantaranya:

1. Teori Harga

Harga ini digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang terdapat di pasar serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Analisis dilakukan pada:

  • Proses pembentukan harga
  • Faktor yang dapat mempengaruhi perubahan penawaran dan permintaan
  • Hubungan antara harga penawaran dan permintaan
  • Bentuk pasar
  • Konsep elastisitas permintaan dan penawaran

2. Teori Produksi

Teori produksi ini juga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis biaya produksi dan tingkat produksi. Analisis dilakukan pada:

  • Segala sesuatu yang berhubungan dengan harga pokok produksi barang dan jasa
  • Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi produsen
  • Kombinasi faktor-faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

3. Teori Distribusi

Teori distribusi ini bertujuan untuk melakukan analisis mikroekonomi terkait upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, serta besarnya keuntungan yang diperoleh produsen.

Komponen Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Dalam penerapannya pada dunia usaha, perekonomian mempunyai 3 komponen utama yang harus dipahami, antara lain sebagai berikut:

1. Interaksi di Pasar Barang

Jika dilihat dari perspektif mikroekonomi, perekonomian ini terdiri dari berbagai pasar termasuk pasar barang. Kegiatan tawar menawar antara lain penjual dan pembeli hingga tercapainya kesepakatan harga termasuk dalam interaksi pasar barang.

Mikroekonomi disini juga penting untuk mengeksplorasi interaksi yang terjadi di pasar yang selanjutnya akan mempengaruhi kebijakan pengambilan keputusan mengenai harga produk di dalam perusahaan.

2. Perilaku Penjual dan Pembeli

Adapun dalam pengertian ekonomi mikro adalah teori yang mempelajari tentang perilaku penjual dan pembeli, sehingga ilmu ekonomi mikro ini tentunya berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen di pasar dengan tujuan yang berbeda.

Ilmu ekonomi mikro ini membahas bagaimana konsumen harus memenuhi kebutuhannya dengan pendapatan yang dimilikinya, sedangkan produsen berusaha keras untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

3. Interaksi di Pasar

Dalam hal ini ekonomi mikro menjelaskan teori interaksi konsumen dan produsen yang melibatkan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, permodalan dan kewirausahaan.

Peran Ekonomi Mikro dalam Bisnis

Dari komponen utama tersebut, ekonomi mikro sebagai teori di pasar mempengaruhi perusahaan. Beberapa peran ekonomi mikro dalam bisnis atau perusahaan antara lain sebagai berikut:

1. Merumuskan Kebijakan

Ekonomi mikro dapat menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan perusahaan terkait harga dan upah dalam pengelolaan sumber daya. Dengan adanya teori mikroekonomi atau mikroekonomi ini dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk dapat / mampu mengkaji interaksi di pasar serta bagaimana intervensi pemerintah dapat membentuk kebijakan perusahaan yang strategis dan inovatif.

2. Kembangkan Prediksi

Dari pengertian mikroekonomi juga telah dijelaskan yaitu sebagai sumber informasi interaksi pasar. Sehingga dengan ekonomi mikro, suatu perusahaan dapat menyusun strategi serta prediksi untuk masa depan.

Ekonomi mikro juga dapat membantu memprediksi kemungkinan suatu [a akan terjadi di pasar, misalnya, dalam kasus tren produk.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Melalui mikroekonomi atau mikroekonomi, perusahaan secara tidak langsung memahami kebutuhan konsumen. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kemampuan produk dan jasa tersebut untuk bertahan di pasaran.

4. Mengetahui Perputaran Barang

Ekonomi mikro juga dapat menjadi alat untuk melacak perputaran produk. Jika ingin bertahan di pasar, maka perusahaan harus memantau produk yang dijual agar tetap pada jalurnya, tujuannya untuk menghindari penipuan dari pesaing.

5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Produktivitas perusahaan ini dapat dicapai dengan mendorong berbagai aspek seperti sumber daya manusia yang berkualitas, kualitas produk yang terjamin dan lain-lain. Sehingga dengan peningkatan produktivitas dapat meningkatkan keuntungan perusahaan secara maksimal.

Sekian dan terima kasih telah membaca tentang Pengertian Mikroekonomi, Peran, Komponen, Teori, Tujuan, dan Ruang Lingkup, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :

5