Jenis Iklan Layanan Masyarakat dan Contoh

Jenis Iklan Layanan Masyarakat dan Contoh

10 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Lengkap

Jenis Iklan Layanan Masyarakat dan Contoh

Jika Anda pernah melihat iklan yang sama sekali tidak ada pesan komersialnya, itulah contoh iklan layanan masyarakat (ILM). Biasanya iklan tersebut berisi kampanye program pemerintah atau kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

Misalnya, di masa pandemi COVID-19, semua media massa dibanjiri iklan tentang pentingnya cuci tangan dan jaga jarak. Fungsinya tak lain agar masyarakat selalu ingat akan bahaya Covid-19.

Masih banyak lagi contoh iklan layanan masyarakat, namun sebelum itu kita akan mengulas secara singkat definisinya.

Apa itu Iklan Layanan Masyarakat?

Secara sederhana, periklanan dibagi menjadi dua, yaitu komersial dan non komersial. Di sini, iklan layanan masyarakat termasuk dalam kategori kedua.

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyampaikan pesan-pesan sosial agar masyarakat menjadi lebih sadar akan permasalahan yang ada di sekitarnya.

Ini adalah kampanye nirlaba yang memiliki manfaat bagi semua orang.

Baca Juga : Contoh Iklan Media Cetak

Bentuk dan Jenis Iklan Layanan Masyarakat

Seperti iklan pada umumnya, iklan layanan masyarakat dapat ditampilkan di media apapun. Itu hanya bisa berupa teks, gambar atau foto, rekaman suara dan video.

Cara penyampaiannya pun beragam, misalnya hanya dalam bentuk pengumuman, wawancara atau dokumenter, dan narasi.

Agar lebih jelas, simak berbagai contoh penerapan ILM di media massa berikut ini.
Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Kami telah mengumpulkan contoh iklan layanan masyarakat dari berbagai sumber dengan penjelasan dan tujuan penggunaannya.
1. Sosialisasi Protokol Kesehatan
Sumber: dit.promkes.

Penerapan 100% sekolah tatap muka akhirnya kembali diberlakukan, meski dengan sejumlah pembatasan.

Direktorat Promosi Kesehatan dan PM mensosialisasikan protokol kesehatan melalui iklan layanan masyarakat di laman Instagram.
2. Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun

Sejak sebelum adanya pandemi COVID-19, kebiasaan cuci tangan pakai sabun sudah sering dikampanyekan. Tujuannya agar masyarakat lebih sadar akan kebersihan diri dan mencegah penyakit.
3. Buang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan banjir hingga mencemari laut. Tujuan dari kampanye ini sesederhana membuat masyarakat lebih tertib dalam membuang sampah.
4. Kurangi Penggunaan Plastik

Sampah plastik kini menjadi isu global. Itulah alasan pengurangan penggunaan plastik sedang digalakkan di mana-mana. Melalui video iklan layanan masyarakat di atas diharapkan sampah plastik semakin berkurang.
5. Ajak Hemat Energi
Sumber: Medcom

Biasanya poster atau baliho hemat energi seperti pada foto di atas akan mulai ramai di jalanan saat peringatan Hari Bumi.

PSA ini ingin agar masyarakat tidak hanya pada Hari Bumi untuk menghemat energi tetapi setiap hari.
6. Himbauan Batasi Penggunaan Gadget

Boleh saja menggunakan gadget tapi batasi diri agar tidak berlebihan. Jangan sampai terlambat untuk menyadarinya dan sesuatu yang tidak terduga terjadi.
7. Undangan Makan Buah

Susahnya mengajak orang makan buah, Kementerian Kesehatan RI membuat video di atas. Singkat, jelas dan to the point.
8. Waspada Demam Berdarah
contoh iklan layanan masyarakat

Memasuki musim hujan, dinas kesehatan biasanya memasang iklan layanan masyarakat tentang demam berdarah. Slogan “3M (Tutup, Kubur, dan Daur Ulang)” akan terlihat di berbagai tempat.
9. Ajak Hemat Air

Air adalah sumber kehidupan yang tak ternilai harganya. Menghemat air sama dengan menyelamatkan nyawa. Kurang lebih begitulah pesan dari contoh iklan layanan masyarakat ini.
contoh iklan layanan masyarakat
10. Peringatan Bahaya Merokok
Sumber: Solopos

Di radio atau mungkin podcast Anda mungkin juga sering mendengar ILM. Salah satu peringatan paling sering tentang bahaya merokok.
Menyampaikan Pesan Sosial dengan Iklan

Di banyak negara, iklan non-komersial berfungsi untuk mengingatkan dan memberikan solusi atas berbagai masalah sosial. Apalagi sekarang media untuk menjangkau masyarakat semakin beragam.

Setelah melihat contoh iklan layanan masyarakat, apakah menurut Anda cara ini masih efektif dalam menyampaikan pesan sosial? Tulis pendapat kamu di kolom komentar.

Sumber :