Ingin-Memulai-Bisnis-Yuk,-Kenalan-dengan-Invoice-Generator

Ingin Memulai Bisnis? Yuk, Kenalan dengan Invoice Generator

Rate this post

Kata invoice (faktur) tentu sudah tidak asing lagi bagi para pebisnis. Alat ini merupakan “perekam” untuk mengetahui produk mana saja yang telah dibeli oleh pelanggan.

Ingin Memulai Bisnis? Yuk, Kenalan dengan Invoice Generator

Selain itu, invoice juga dapat menjadi acuan untuk menghitung laba rugi suatu perusahaan. Mengingat pentingnya peran mereka dalam keberlangsungan perusahaan, maka tidak perlu dikatakan lagi bahwa seorang pebisnis harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang apa itu invoice. Jadi mari kita lihat berikut ini tentang masalah faktur!

Ingin-Memulai-Bisnis-Yuk,-Kenalan-dengan-Invoice-Generator

Baca juga:
– Apakah Anda ingin menggunakan aplikasi jurnal akuntansi? Berikut panduan lengkapnya
– 7 tips membuat akuntansi dan manajemen keuangan lebih efisien dengan program akuntansi
– Aplikasi Faktur Berbasis Web: Solusi untuk menyederhanakan faktur
– Fungsi Faktur dan cara membuatnya mudah

Apa itu faktur?

Secara harfiah, invoice dapat diartikan sebagai invoice. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), faktur diartikan sebagai daftar kiriman barang dengan keterangan nama, jumlah dan harga yang harus dibayar oleh pelanggan. Faktur juga dapat diartikan sebagai perhitungan penjualan kredit yang diberikan oleh penjual kepada konsumen.

Faktur itu sendiri adalah dokumen wajib yang dimiliki oleh setiap bisnis kena pajak

dan digunakan sebagai bukti transaksi pembelian, menunjukkan barang dan harga yang harus dibayar.

Faktur juga biasa digunakan sebagai alat penyelesaian antara penjual dan pembeli. Dan rincian jumlah transaksi dan kapan jangka waktu pembayaran tercantum pada faktur.

Bagi sebagian orang, faktur terlihat seperti tanda terima. Namun, keduanya sangat berbeda. Seperti dibahas di atas, faktur adalah dokumen transaksi yang berisi perhitungan penjualan dengan pembayaran pada waktu yang telah ditentukan yang dikomunikasikan dari penjual kepada pembeli.
Didukung oleh GliaStudio

Tanda terima, di sisi lain, adalah bukti bahwa penjual menyerahkan kepada pembeli

setelah pembayaran dilakukan dan menandatangani tanda terima uang. Dengan kata lain, kwitansi diberikan kepada penjual setelah menerima uang dari pembeli.

jenis tagihan

1. Faktur Penjualan dan Buku Besar

Faktur penjualan adalah pendapatan yang dihasilkan bisnis Anda. Menggunakan metode akuntansi akrual, di mana penjualan diperlakukan sebagai pendapatan bahkan sebelum Anda benar-benar dibayar untuk itu, faktur penjualan adalah entri yang masuk ke bagian pendapatan dari buku besar Anda.

Pendapatan total perusahaan Anda adalah angka yang mewakili jumlah semua faktur penjualan Anda untuk jangka waktu tertentu, ditambah pendapatan tambahan yang dihasilkan perusahaan Anda, mis. B. dari penjualan atau penyewaan real estat komersial.

2. Faktur Penjualan dan Piutang Usaha

Buku besar Anda juga harus menyertakan sistem untuk melacak faktur penjualan mana yang telah dibayar oleh pelanggan Anda dan transaksi mana yang merupakan pengumpulan pendapatan yang tertunda.

Piutang usaha adalah istilah akuntansi yang menggambarkan penjualan atau transaksi perusahaan Anda yang pembayarannya masih jatuh tempo.

Pelacakan piutang memungkinkan Anda untuk secara efisien menyelesaikan pelanggan yang menunggak dan juga memberikan informasi apakah kekurangan likuiditas disebabkan oleh volume penjualan yang rendah atau pelanggan yang membayar lambat.

3. Faktur Penjualan dan Faktur

Penagihan adalah proses akuntansi keuangan di mana pelanggan menerima laporan saldo terutang yang memberi mereka informasi tentang berapa banyak mereka berutang dan apakah saldo mereka terlambat.

Proses penagihan membantu pelanggan Anda dengan memberi mereka informasi yang jelas tentang saldo terutang mereka dan membantu bisnis Anda dengan mendorong dan memfasilitasi pembayaran pelanggan. Menyiapkan sistem akuntansi relatif mudah jika bisnis Anda melacak faktur penjualan dan piutang.

4. Faktur Penjualan dan Penganggaran

Faktur penjualan adalah alat penting untuk penganggaran akuntansi keuangan karena mereka memberi tahu Anda pendapatan apa yang Anda harapkan untuk diterima di periode mendatang.

Jika tagihan penjualan Anda adalah jumlah yang mengesankan, masuk akal bagi bisnis Anda untuk merencanakan pembelian inventaris atau peningkatan modal yang besar, karena Anda mungkin akan segera memiliki tanda terima tagihan yang belum dibayar untuk membayar biaya tersebut.

Apa fungsi faktur bagi perusahaan?

Faktur adalah salah satu dokumen terpenting dalam perjalanan bisnis. Hal ini dikarenakan perbedaan fitur yang dimilikinya, yaitu:

Sebagai informasi tentang rincian barang atau jasa yang disediakan oleh konsumen

Baca Juga :

https://altech.co.id/

19