Hati-hati, Kerusakan Bearing Roda Mobil Sering Tidak Terasa

Hati-hati, Kerusakan Bearing Roda Mobil Sering Tidak Terasa

Kenali penyebab dan dampak bearing roda mobil rusak

Hati-hati, Kerusakan Bearing Roda Mobil Sering Tidak Terasa

1. Jalan Rusak

Setiap mobil tentunya memiliki kemampuan yang berbeda untuk melewati jalan rusak. Ada baiknya untuk mengetahui perbedaannya, mis. B. kemampuan mobil, komponen yang digunakan pada kaki-kaki serta bentuk dan jenis ban pada mobil anda. Mobil yang terlalu sering melaju di jalan yang rusak dan tidak bisa melewatinya sepanjang waktu akan menyebabkan masalah pada bantalan roda mobil Anda dan lama-kelamaan bantalan roda mobil Anda akan cepat rusak.
Viral: Suzuki Ertiga Diesel Punya Beragam Fitur Kenyamanan dan Keamanan
2. air

Air bisa menjadi penyebab bantalan roda mobil Anda cepat rusak. Hal ini dikarenakan air yang masuk ke bantalan roda mobil dapat bercampur dengan pelumas, sehingga kinerja pelumasan akan berkurang saat bantalan roda mobil bekerja. Pelumas sendiri berperan dalam meminimalkan proses gesekan dari komponen yang dikandungnya dan mencegah kondisi keausan.
3. Lemak

Selalu pastikan untuk memilih pelumas berkualitas tinggi. Karena gemuk merupakan media pelumas yang berkontribusi terhadap kinerja bantalan roda mobil Anda. Jika gemuk yang Anda gunakan berkualitas buruk, itu akan berdampak buruk pada bantalan. Jika gesekan terjadi dan berlangsung lama, akan menyebabkan panas yang terus-menerus, jadi jika Anda menggunakan minyak berkualitas buruk, volume minyak akan menyusut bahkan mengering, dan pelumasan bantalan roda mobil Anda tidak akan bekerja dengan baik, dan bantalan roda mobil akan rusak. dengan cepat.
4. Gunakan ban besar

Ukuran ban yang lebih besar dapat mempengaruhi besarnya bobotnya. Sehingga bantalan roda mobil Anda lebih berat bebannya dibandingkan dengan ban standar. Jika Anda terus memaksakan ini, bantalan roda mobil Anda akan cepat rusak.

Akibat jika bantalan roda mobil rusak.
1. Roda kemudi menjadi kurang stabil

Ketika bantalan roda mobil rusak, itu akan mempengaruhi kerja roda mobil Anda karena roda akan sedikit bengkok. Hal ini akan membuat sistem berkendara menjadi kurang stabil, sehingga saat berkendara Anda akan merasakan getaran pada roda kemudi hingga roda kemudi bergetar.
Viral: Harga Mobil Jazz, Spesifikasi dan Keunggulannya
2. Roda mobil terkunci

Akibat kerusakan bantalan roda pada mobil dapat meningkatkan temperatur pada daerah bantalan dan pada ujung as. Kenaikan suhu ini dapat memicu pemuaian pada masing-masing poros dan bantalan, sehingga roda mobil dapat mengunci akibat pemuaian ini. Saat roda mobil terkunci, mobil Anda akan terasa berat seperti direm.
3. Rem mobil tongkat

Bantalan roda mobil yang rusak menyebabkan area bantalan menjadi panas, sehingga tidak hanya kaliper rem tetapi juga cakram rem mengalami kenaikan suhu. Biasanya, rem cakram juga panas, tetapi masukan panas dari bantalan meningkatkan suhu dan dapat menyebabkan rem mobil terkunci atau gagal.
4. Kemungkinan as rusak

Akibat terburuk dari kerusakan bantalan roda pada mobil adalah as patah. Hal ini bisa terjadi karena gardan selalu bergejolak di dalam bearing, seolah-olah sedang ditabrak. Pada awalnya gardan masih mampu bertahan, namun jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan gardan putus dan putus.
5. Kerusakan dapat menyebar ke komponen lain

Selain 4 akibat yang disebutkan di atas, ternyata bearing roda mobil yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kaki-kaki lainnya. Selain as roda yang rusak, roda dan ball joint juga berpotensi rusak.

Oleh karena itu, sangat disarankan jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan pada bantalan roda mobil Anda. Ada baiknya Anda segera membawanya ke bengkel untuk diservis dan diperbaiki agar dapat segera diperbaiki, memastikan kenyamanan dan keamanan Anda.

Sumber :

5