komunikasi-bisnis

Komunikasi Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Unsur

Definisi komunikasi bisnis

komunikasi-bisnis

Pengertian komunikasi bisnis adalah kegiatan atau kegiatan bertukar informasi, gagasan, pendapat dan instruksi, yang disampaikan secara pribadi maupun tidak langsung melalui simbol atau sinyal tertentu, sehingga dapat dicapai pemahaman yang sama di antara para pihak yang berkomunikasi.

Ada pertukaran informasi yang terus menerus dalam aktivitas komunikasi bisnis ini. Komunikasi ini berlangsung secara lisan maupun non verbal dengan tujuan untuk mendukung proses pengambilan keputusan di suatu perusahaan.

Pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu komunikasi bisnis, kita bisa merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli berikut ini.

1. Setelah Philip Philip Kolter

Pengertian komunikasi bisnis adalah suatu aktivitas atau aktivitas manusia yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

2. Setelah William Albig

Pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi, ide, pendapat, dan instruksi yang memiliki tujuan tertentu dan yang disajikan secara pribadi atau tidak memihak oleh simbol atau sinyal.

3. Setelah Djoko Purwanto

Pengertian komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis dan meliputi segala bentuk komunikasi baik verbal maupun non verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

4. Menurut Rosenbalt

Pengertian komunikasi bisnis adalah tindakan berbagi informasi, ide / pendapat, instruksi, dan lain-lain, yang disampaikan secara pribadi maupun nonpribadi menggunakan simbol dan sinyal untuk mencapai tujuan perusahaan.

5. Menurut Katz

Pengertian komunikasi bisnis adalah kegiatan bertukar ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian sejumlah tujuan komersial.

Elemen komunikasi bisnis

Setiap aktivitas komunikasi dalam bisnis atau aktivitas itu harus mengandung unsur-unsur tertentu. Berikut ini adalah elemen-elemen komunikasi bisnis, diantaranya sebagai berikut:

  • Ada tujuan, maksudnya komunikasi mempunyai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dan sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Adanya pertukaran, artinya setidaknya ada dua orang atau lebih (komunikator dan komunikator) yang terlibat dalam suatu komunikasi.
  • Berisi informasi, ide, opini, instruksi. Inilah isi pesan yang termasuk dalam komunikasi yang bentuknya berbeda-beda tergantung situasi, kondisi dan tujuan.
  • Penggunaan saluran personal atau impersonal, yaitu komunikasi dapat dilakukan secara tatap muka, melalui media khusus atau bahkan melalui media massa jika ingin menjangkau banyak orang.
  • Dengan menggunakan simbol atau isyarat, berarti metode atau alat komunikasi yang digunakan sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh penerima pesan.
  • Pencapaian tujuan atau tujuan organisasi yang sebelumnya telah ditetapkan oleh manajemen.

Tujuan komunikasi bisnis

Pada dasarnya ada tiga (3) tujuan utama komunikasi di perusahaan: informasi (informasi), persuasi (persuasi) dan kerjasama dengan pelanggan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Memberi informasi (menginformasikan)

Informasi yang disajikan di sini menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dengan semua jenis pihak. Misalnya, seorang manajer pemasaran ingin meningkatkan penjualan produk baru sehingga ia akan mencoba beriklan di semua jenis media.

Masing-masing media ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biaya maupun dampak yang ditimbulkannya. Cara penyampaian informasi di setiap media juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan periklanan.

2. Membujuk (membujuk)

Persuasi adalah jenis komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Keyakinan ini sering digunakan dalam kegiatan pemasaran atau aktivitas yang melibatkan mempengaruhi orang lain dan membeli suatu produk, serta mengkonfirmasikan pesanan pelanggan agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.

3. Kerjasama (kolaborasi)

Kolaborasi ini merupakan bentuk kolaborasi, interaksi, dan kompromi antara pihak-pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung yang menerima konsekuensi dan manfaat. Dengan komunikasi yang baik, kerjasama bisnis ini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai media. Misalnya lewat telepon / smartphone, chat, email dan lain-lain.

Fungsi komunikasi bisnis

Secara umum terdapat empat (4) fungsi komunikasi dalam bisnis, yaitu: Informational, Regulatory, Persuasif dan Inklusif. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Fungsi informasional

Dalam hal ini, fungsi informasi digunakan oleh manajer dan karyawan untuk melaksanakan tugasnya secara efisien. Beberapa informasi yang Anda butuhkan berkaitan dengan poin-poin berikut:

Masalah ketenagakerjaan (tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dll.).
Standar tenaga kerja dan keuntungan perusahaan.
Bisnis sosial-emosional secara umum.

2. Fungsi pengaturan

Komunikasi berfungsi sebagai alat untuk mengontrol dan mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini dapat berupa pesanan dan laporan.

3. Fungsi yang meyakinkan

Fungsi meyakinkan ini terjadi ketika ada komunikasi dan interaksi antar karyawan, tujuan komunikasi tersebut adalah agar orang lain dapat menerima gagasan seseorang.

4. Fungsi integratif

Integrasi dalam suatu perusahaan memungkinkan perusahaan beroperasi secara terintegrasi dan komprehensif. Ini hanya mungkin terjadi jika komunikasi dan koordinasi dalam suatu perusahaan baik.

Bentuk komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis umumnya dilakukan dengan dua (2) cara, yaitu verbal dan non verbal. Berikut penjelasannya;

1. Komunikasi lisan

Komunikasi lisan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berlangsung secara lisan atau tertulis. Bentuk komunikasi ini terbagi menjadi dua (2) yaitu aktif dan pasif.

  • Berbicara dan menulis (verbal aktif)
  • Mendengarkan dan menulis (verbal pasif)

2. Komunikasi nonverbal

Dalam dunia bisnis juga terdapat komunikasi non verbal yaitu komunikasi yang disampaikan tanpa kata-kata. Di bawah ini adalah contoh komunikasi non-verbal perusahaan.

  • Simbol
  • kata sandi
  • warna
  • Ekspresi wajah
  • Gerakan tubuh

Sekian dan terima kasih telah membaca pengertian komunikasi bisnis, unsur-unsurnya, tujuan, fungsi dan bentuknya. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :

5