Manfaat-sistem-perangkat-lunak-manajemen-sumber-daya-manusia-untuk-perusahaan-dan-UKM

Manfaat sistem perangkat lunak manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dan UKM

Rate this post

– Orang adalah sumber daya paling berharga di perusahaan mana pun. Baik di sektor IT, perbankan, retail maupun asuransi, sumber daya manusia merupakan sumber daya terpenting dalam proses kerja perusahaan.

Meskipun komputer telah menyederhanakan proses kerja di sebagian besar industri, tenaga kerja manusia juga diperlukan dalam industri berorientasi mesin seperti manufaktur dan produksi. Solusi sistem perangkat lunak manajemen sumber daya manusia (HRM) dapat membantu departemen sumber daya manusia untuk secara efektif mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia yang berharga dalam suatu organisasi.

Manfaat sistem perangkat lunak manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dan UKM

Manfaat-sistem-perangkat-lunak-manajemen-sumber-daya-manusia-untuk-perusahaan-dan-UKM

Baca juga:
– Halodoc masuk dalam daftar 100 perusahaan teknologi kesehatan teratas dunia
– Telkomsel merilis IoT Envion, solusi berbasis AI untuk optimalisasi energi perusahaan
– Dalam menghadapi ancaman ransomware, Microsoft mengakuisisi perusahaan keamanan siber
– Mekari Flex, platform digital untuk manajemen kinerja di era kerja masa depan

Internet menawarkan kandidat yang memenuhi syarat sebuah platform untuk menemukan peluang yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa karyawan mereka yang berpengalaman dan berharga merasa bahagia, sehingga mereka termotivasi untuk mengembangkan diri dan perusahaan lebih jauh lagi.

Departemen SDM berusaha mencapai hal tersebut melalui tinjauan kinerja dan pelatihan secara berkala agar karyawan dapat terus menyerap teknologi baru yang relevan dengan perusahaan. Hal ini akan menambah nilai bagi karyawan, baik dari segi tunjangan maupun keterampilan.

Dengan menggunakan sistem penggajian, perusahaan dapat melacak detail gaji karyawan

, membuat daftar gaji tepat waktu, dan membayar pajak secara teratur. Ketika sistem SDM terintegrasi dengan sistem akuntansi, prosesnya menjadi lebih mudah. Perangkat lunak HRM juga dapat menangani tanggung jawab SDM termasuk perekrutan, orientasi, pelatihan, tinjauan kinerja berkala, promosi, transfer, dan pengasuhan karyawan.

Sistem penggajian tradisional gagal menyelesaikan masalah SDM. Sistem Informasi SDM (HRIS) atau Sistem Manajemen SDM (HRMS) adalah anugerah bagi departemen SDM karena sistem SDM ini dapat melakukan semua tanggung jawab Manajer SDM.

Bagaimana sistem perangkat lunak HRM dapat membantu departemen SDM?

Didukung oleh GliaStudio

Perangkat lunak HRM menyimpan data karyawan, termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, keterampilan atau pengalaman tambahan karyawan, pelatihan yang disediakan perusahaan, dll., Yang berguna bagi manajer SDM dalam perekrutan, transfer, dan penilaian.

Jika suatu posisi kosong di organisasi, manajer SDM dapat melihat data karyawan secara langsung dan mencari pengganti karyawan yang lowong tersebut. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya dalam proses rekrutmen dan pada saat yang sama karyawan juga merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan, yang terus memotivasi mereka.

Sistem perangkat lunak HRM yang efisien selalu memberikan pemberitahuan tentang segala hal termasuk hari-hari khusus untuk setiap karyawan. Sistem ini mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan pesta ulang tahun karyawan tersebut jauh-jauh hari. Semua dokumen terkait karyawan selalu tersedia untuk departemen SDM hanya dengan satu klik.

Ketika perangkat lunak sistem SDM terhubung ke catatan kehadiran dan pekerjaan karyawan, manajer SDM dapat dengan mudah memeriksa karyawan mana yang sedang mengerjakan proyek pada waktu tertentu dan juga dapat menugaskan pekerjaan kepada karyawan yang belum melakukan apa pun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan ditinjau untuk membuat rencana kerja. Hal ini memudahkan HR untuk memantau setiap karyawan terhadap pekerjaan yang ditugaskan dan waktu penyelesaian sehingga tindakan korektif dapat diambil jika diperlukan.

Harus memiliki modul dalam perangkat lunak HRM

Sistem perangkat lunak SDM yang kompeten idealnya harus memiliki:

Informasi tentang data karyawan
Deskripsi pekerjaan masing-masing karyawan
Basis Data Keterampilan
Daftar kehadiran
perencanaan
Catatan pekerjaan harian
Daftar gaji
dan harus dikaitkan dengan modul akuntansi dan proses organisasi

Siapa yang bisa mendapatkan keuntungan dari sistem perangkat lunak HRM?

Sistem perangkat lunak HRM sangat berguna untuk perusahaan dengan setidaknya 100 karyawan. Tentu saja, memasukkan data setiap karyawan sangat memakan waktu dan tentunya dapat mengganggu pekerjaan departemen SDM lainnya.

Juga, setiap karyawan tidak perlu bingung atau repot untuk meminta informasi tentang gaji, kemajuan

Baca Juga :

https://produkumkmjember.id
https://pppptkpertanian.id
https://plnlabuhanangin.co.id
https://kimo.co.id
https://polresbangli.id

9