Mengatasi Sinyal Hilang

7 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Agar Internetan Lancar!

Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP, Gampang Banget!

Mengatasi Sinyal Hilang

Anda perlu tahu cara memperbaiki sinyal yang hilang saat ponsel Anda tidak memiliki jaringan. Sungguh menyebalkan ketika tiba-tiba sinyal smartphone hilang dan tidak muncul.

Padahal, sinyal ponsel android merupakan faktor penting terutama untuk berkomunikasi dan menjelajah dunia maya yang juga dikenal dengan internet.

Bahkan, tidak jarang Anda perlu mengecek koneksi jaringan jika sinyal melemah atau bahkan tiba-tiba menghilang, seperti kasus di atas.

Nah, untuk itu kali ini Jaka ingin memberikan solusi dengan berbagai cara mengatasi sinyal hilang di ponsel yang bisa diterapkan di segala hal. Mari kita lihat lebih banyak!

Penyebab Sinyal HP Hilang

Banyak di HP tidak minta sinyal, apa yang rusak? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Jaka akan membahas penyebab hilangnya sinyal secara tiba-tiba untuk Xiaomi, Samsung dan merek lainnya.

Sebelum memulai pembahasan utama, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab hilangnya sinyal HP yang bisa Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Cakupan di luar area jaringan

Sumber foto: Bali-Developer (Salah satu penyebab paling umum dari kehilangan sinyal adalah posisi pengguna di luar area jangkauan).

Tanpa disadari ternyata posisi atau lokasi kamu berada juga berpengaruh besar terhadap sinyal HP yang sering hilang.

Hal ini karena beberapa provider terkadang tidak memiliki jangkauan yang besar untuk daerah terpencil, sehingga jaringan seluler terbatas hanya pada beberapa lokasi saja.

Jaringan sering terputus oleh pengguna tidak hanya di daerah terpencil, tetapi juga di banyak tempat dengan populasi padat. Jadi pastikan kamu menggunakan provider yang full coverage ya!

2. Faktor cuaca

Penyebab hilangnya sinyal selanjutnya adalah faktor cuaca. Bahkan, bisa dikatakan bahwa ini adalah salah satu faktor yang paling sering kita alami.

Pasalnya, tidak semua penyelenggara telekomunikasi di Indonesia dapat beroperasi dengan baik dan normal dalam segala kondisi cuaca.

Misalnya saat hujan deras, apalagi disertai petir, kondisi ini biasanya mengakibatkan ponsel tidak memiliki jaringan seluler.
Penyebab lain dari kehilangan sinyal…

3. Perbaikan jaringan oleh operator

Sumber foto: Tribun Jogja (Penyebab lain hilangnya sinyal adalah perbaikan jaringan oleh operator).

Agar selalu dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggannya, sejumlah operator kerap melakukan perbaikan jaringan guna meningkatkan kualitas layanan.

Sayangnya, aktivitas pemeliharaan ini sering menjadi salah satu penyebab hilangnya atau bahkan kepunahan total jaringan seluler.

Jadi sebelum Anda membeli HP Android baru mengira HP Anda rusak, pastikan dulu orang-orang di sekitar Anda yang menggunakan operator serupa mengalami hal yang sama.

4. Kerusakan pada perangkat keras HP

Penyebab hilangnya sinyal pada ponsel selanjutnya adalah kerusakan pada salah satu komponen hardware HP. Salah satu tandanya adalah IMEI ada, tapi sinyalnya hilang.

Dibandingkan dengan penyebab sebelumnya, poin ini bisa dibilang cukup fatal, karena mau tidak mau Anda harus mengganti komponen yang rusak atau bahkan membeli ponsel baru.

Namun, untuk memastikan bahwa penyebab jaringan seluler yang hilang itu benar-benar komponen hardware HP, sebaiknya tanyakan pada ahlinya terlebih dahulu.

5. Ada aplikasi atau software yang bermasalah

Selain perangkat keras, masalah pada perangkat lunak HP atau aplikasi yang digunakan juga dapat menyebabkan hilangnya jaringan.

Dalam beberapa kasus, hal ini biasanya terjadi karena adanya bug atau bug pada software atau aplikasi.

Namun, jika ternyata semuanya baik-baik saja, maka Anda bisa memperbaikinya dengan membaca tips mengatasi sinyal tidak muncul, yang Jaka akan bahas di bawah ini.

Sumber :

7