negara-maju

Ciri-ciri Negara Maju dan Contohnya

Definisi negara industri

negara-maju

Pengertian negara maju adalah istilah yang digunakan untuk negara dengan taraf hidup yang relatif tinggi, perekonomian yang stabil dan teknologi yang maju. Atau bisa juga diartikan sebagai negara industri, sebagai negara yang kualitas hidup masyarakatnya memiliki tingkat kualitas hidup yang tinggi, baik dari segi ekonomi yang merata maupun teknologi yang maju. Negara dengan PDB per kapita (produk domestik bruto) yang relatif tinggi juga bisa disebut negara industri. Negara dengan PDB per kapita tinggi tetapi tidak berkembang dan memiliki industri yang berbeda tidak dapat disebut negara maju.

Beberapa indikator yang dapat menilai suatu negara dapat dikatakan maju atau masih berkembang, seperti pendapatan perkapita yang merupakan indikator penting untuk mengukur kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Pasalnya, suatu negara bisa dikatakan kaya jika pendapatan per kapitanya tinggi. Kemudian dari jumlah penduduk miskin, karena tingkat kesejahteraan suatu negara dapat dilihat dari data angka kemiskinan penduduknya. Semakin rendah angka kemiskinan, semakin bisa dikatakan negara tersebut sebagai negara industri.

Faktor yang Mempengaruhi Negara Maju

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi negara yang diklaim sebagai negara maju, diantaranya sebagai berikut:

1. Faktor ekonomi

Perekonomian merupakan faktor yang sangat penting, terutama bagi pendapatan per kapita suatu negara. Jika pendapatan per kapita suatu negara tinggi, negara tersebut dapat diklasifikasikan sebagai negara industri.

2. Faktor SDM (personalia)

Sumber daya manusia Merupakan faktor yang berkaitan dengan keadaan penduduk di suatu negara, seperti: B. tingkat pendidikan, tingkat pertumbuhan, keanekaragaman etnis, tingkat produktivitas, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketergantungan pada pertanian dan produksi industri dan lain-lain. Misalnya rata-rata pendidikan penduduk yang tinggi, dan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi juga akan mempengaruhi kemajuan suatu negara.

3. Faktor sumber daya alam (sumber daya alam)

SDA adalah faktor yang berkaitan dengan lingkungan di suatu negara, baik itu geologi, geografis, dll. Ketika sumber daya alam suatu negara berlimpah dan dapat digunakan dengan baik, hal itu juga menguntungkan negara dan mempengaruhi perekonomian untuk kebaikan rakyat.

4. Faktor Stabilitas Politik

Stabilitas Politik Merupakan kondisi politik di suatu negara dimana kondisi politik yang menguntungkan mempengaruhi keadaan perekonomian agar tetap stabil. Oleh karena itu, di negara industri, situasi politik stabil dan keamanan juga terjaga.

5. Faktor keamanan

Keamanan merupakan salah satu faktor yang menentukan suatu negara maju. Semakin aman suatu negara, maka perekonomian akan semakin stabil sehingga masyarakat dapat berkembang dan merasa nyaman.

Namun yang terpenting dalam membangun suatu negara adalah faktor sumber daya manusianya. Jika sumber daya manusia berkualitas baik maka dengan sendirinya mudah untuk mengembangkan lahan. Namun, ketika sumber daya manusia miskin, sulit untuk memajukan negara sendiri meskipun sumber daya alam berlimpah.

Karakteristik negara maju

Di bawah ini adalah beberapa ciri yang dimiliki negara maju, antara lain:

  1. Memiliki pendapatan per kapita yang tinggi
  2. Ekonomi yang stabil.
  3. Angka kematian relatif rendah.
  4. Penduduknya memiliki umur yang relatif panjang.
  5. Rata-rata penduduknya berpendidikan tinggi.
  6. Penguasaan berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Pengembangan fasilitas yang adil.
  8. Ekspor lebih tinggi dari impor.
  9. Kesehatan penduduk yang tinggi.
  10. Pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.
  11. Sektor industri maju, dll.

Contoh negara industri

Di bawah ini adalah beberapa contoh negara yang saat ini tergolong maju, termasuk yang berikut ini:

Negara industri di Eropa:

  • Inggris,
  • Perancis,
  • Italia,
  • Swedia,
  • Jerman,
  • Orang Spanyol,
  • Swiss dll.

Negara maju di Asia:

  • Jepang,
  • Korea Selatan,
  • Australia dan,
  • Singapura.

Negara Maju di Amerika:

  • Amerika Serikat
  • Kanada.

Sumber :

4