GPU FengHua Xingdong menantang NVIDIA dan AMD Radeon

Rate this post

GPU FengHua Xingdong menantang NVIDIA dan AMD Radeon

Sebuah kartu grafis baru dari China tampaknya menantang para pemain lama NVIDIA dan AMD! Namanya Fenghua dari Xingdong

Dimas Galih W – 18 November 2021

Fenghua Innosilikon

Hingga saat ini, pasar discrete GPU didominasi oleh dua merek, yaitu NVIDIA dan AMD Radeon. Sudah lama sekali produsen GPU seperti S3, Matrox dan SiS XGI berhenti bermain di pasar ini. Gamer seperti Intel juga akan merilis GPU diskrit. Saat ini, perusahaan Cina Xingdong dan Fenghua telah meluncurkan GPU diskrit mereka.

Kita mungkin belum pernah mendengar tentang perusahaan bernama Xingdong. Xingdong telah bermitra dengan perusahaan bernama Innosilicon untuk membuat GPU bernama Fenghua No. 1. Innosilicon sendiri dikenal sebagai produsen chip untuk mesin penambangan cryptocurrency, ASIC. Tidak main-main, spesifikasi Fenghua No 1 juga bisa dikatakan cukup tinggi.

Fenghua No.1 adalah GPU multi-chip yang menggunakan memori berbasis GDDR6X. GPU ini bahkan mendukung beberapa API modern seperti DirectX, Vulkan, OpenGL, OpenCL dan juga OpenGL ES. GPU ini juga akan menggunakan antarmuka PCIe Gen 4 dan akan memiliki konektor seperti DisplayPort, eDP 1.4 dan HDMI 2.1. GPU ini juga dirancang untuk bekerja pada beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Android.

Performa Fenghua No. 1 belum juga muncul di dunia maya. Meskipun demikian, Xingdong mengatakan bahwa GPU ini akan digunakan untuk PC desktop, cloud gaming, cloud gaming untuk smartphone dan workstation. Performanya pasti akan lebih cepat karena Fenghua No. 1 nantinya akan menangani rendering multi-GPU, yang seharusnya mirip dengan SLI atau CrossFireX.

Tentu saja, belum diketahui apakah GPU Fenghua akan menjadi penantang NVIDIA GeForce dan AMD Radeon di pasaran. Tentu saja, jika GPU ini benar-benar dijual di luar China, maka ini adalah solusi pilihan untuk membeli GPU. Selain itu, masih ada kekurangan chip saat ini, yang menaikkan harga GPU NVIDIA dan AMD.

GPU Fenghua juga harus menjadi angin segar bagi mereka yang terlibat dalam penambangan. Ini karena GPU ini juga dikembangkan oleh Innosilicon. Innosilicon sendiri memiliki banyak mesin yang digunakan untuk menambang Ethereum seperti: B. Innosilicon A10 Pro, yang secara teoritis dapat menambang pada 500 MHz dan mengkonsumsi daya kurang dari 1000 W.

Sumber :

17