Pantai-Parangtritis-Sejarah-Tiket-Masuk-Mitos-Tempat

Pantai Parangtritis: Sejarah, Tiket Masuk, Mitos, Tempat

Pantai Parangtritis, ikon wisata Yogyakarta, hampir tidak pernah kehilangan pamornya. Setiap harinya selalu banyak wisatawan yang berkunjung baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Parangtritis: Sejarah, Tiket Masuk, Mitos, Tempat

Semua orang penasaran dengan keindahan pantai landai yang menghadap ke laut di depan Samudera Hindia. Selain itu, masih banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda alami saat berkunjung ke tempat ini.

Pantai-Parangtritis-Sejarah-Tiket-Masuk-Mitos-Tempat

Mulai dari sekedar bersantai hingga menantang hal-hal seru untuk Anda coba. Maka wajar saja jika salah satu pantai selatan di Jogja ini menjadi tujuan banyak wisatawan saat liburan.

Sekilas Tentang Pantai Parangtritis

Tempat wisata jogja ini terletak sekitar 29 km sebelah selatan kota yogyakarta. Luasnya sendiri mencapai 951 hektar dan merupakan salah satu pantai terluas di Jogja.

Ketenaran Parangtritis tidak terlepas dari nilai sejarah dan budaya masyarakat setempat. Pasalnya, sejak berdirinya Keraton Yogyakarta, pantai ini menjadi salah satu titik acuan utama dalam desain keraton.

Tata letak ini dikenal sebagai garis Jogja imajiner yang membentang dari utara ke selatan. Mulai dari Merapi, Tugu Jogja, Malioboro, Keraton, Panggung Krapyak hingga Pantai Selatan Parangtritis.

Hal ini pula yang menjadikan Parangtritis sebagai nilai magis dan pesona eksotis yang tiada duanya. Anda tidak hanya akan kagum dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kearifan yang bersemayam di sana.

Sebagai tempat wisata yang selalu menjadi tujuan persewaan bus wisata, tentunya pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap. Anda tidak perlu khawatir kesulitan buang air kecil atau istirahat di objek wisata ini.

Ada banyak toilet, restoran, dan akomodasi yang siap membuat Anda merasa nyaman selama liburan. Belum lagi ditambah pilihan game drive, pengunjung yang datang semakin betah.

Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Bukit Jogja sebagai kota dengan biaya hidup yang murah terlihat dari tiket masuk tempat wisatanya. Anda tidak perlu membayar setiap kali masuk ke suatu destinasi wisata, cukup sekali saja.

Begitu juga dengan yang ada di objek wisata yang satu ini. Hanya dengan beberapa ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati berbagai destinasi wisata di kawasan pantai dan sekitarnya.
Pembalasan Tarif
Tiket Masuk Kawasan Wisata Rp 10.000.00
Parkir Motor Rp 2.000 – Rp 5.000.00
Parkir Rp5.000 – Rp10.000

Tarif ini sudah berlaku sejak lama, namun tidak menutup kemungkinan untuk berubah sewaktu-waktu. Anda bisa mendapatkan tiket yang lebih murah dengan bantuan agen perjalanan.

Ada banyak paket liburan keluarga ke Jogja yang akan menyelamatkan Anda dari keharusan membayar tiket masuk. Semuanya sudah termasuk dalam biaya paket agar lebih nyaman dan hemat.
Tempat wisata dan tempat wisata menarik di Pantai Parangtritis

Sunset di Pantai Parangtritis

Tentu banyak hal yang membuat pantai yang satu ini menjadi tempat wisata paling terkenal di Jogja. Baik itu keindahan alamnya maupun suasananya yang nyaman dan fasilitas pendukungnya.

Tapi yang jelas, setiap harinya bisa menarik puluhan ribu pengunjung, terutama dari luar kota. Penasaran apa saja hal-hal tersebut, berikut beberapa di antaranya:
Bersantai dan nikmati pemandangannya

Panorama alam yang mempesona menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung yang tidak pernah bosan mengunjunginya. Hamparan pasir yang membentang hingga beberapa kilometer terlihat sangat halus.

Belum lagi saat angin bertiup pelan, suasananya terlihat tak kalah epik dari Pasir Berbisik Bromo. Pola ombak yang terbentuk di atas pasir terlihat indah bersama deburan ombak.

Meskipun tidak banyak vegetasi di area pantai, Anda dapat bersantai di bawah naungan di beberapa paviliun yang ada. Dari sini Anda bisa langsung melihat pemandangan laut lepas yang mempesona.
Main pasir & ombak

Hamparan pasir yang sangat luas di tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin puas bermain pasir. Tekstur lembut, terasa nyaman di telapak kaki.

Anak-anak juga dapat dengan bebas membuat berbagai bentuk yang mereka inginkan dari pasir. Misalnya istana pasir, putri duyung atau sebagainya.

Tak sedikit pengunjung yang asyik bermain ombak di pantai. Namun Anda harus berhati-hati karena ombak di pantai ini sangat ganas saat air pasang.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada sumber air panas yang bisa menjadi alternatif tempat bermain air. Anda tidak hanya dapat menikmati suasana pantai, tetapi juga bersantai di kolam air panas.
Coba wahana seru

Kapan

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Sewa Mobil Di Jogja 24 Jam

1