Perbedaan-HTTP-dan-HTTPS-Yang-Harus-Anda-Ketahui!

Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Harus Anda Ketahui!

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS adalah sesuatu yang perlu Anda ketahui karena sangat mempengaruhi keamanan situs web.

Keduanya sebenarnya adalah protokol pertukaran data yang sama. Namun, tingkat keamanan dan kinerja SEO yang dihasilkan oleh situs web yang menggunakan protokol HTTP dan HTTPS berbeda.

Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Harus Anda Ketahui!

Perbedaan-HTTP-dan-HTTPS-Yang-Harus-Anda-Ketahui!

Apa sebenarnya perbedaan antara HTTP dan HTTPS? Apa itu fitur HTTPS? Lalu bagaimana cara kerja HTTPS agar dianggap lebih aman?

Yuk, pelajari selengkapnya di artikel ini!

Apa perbedaan antara HTTP dan HTTPS?

Hypertext Transfer Protocol atau HTTP adalah protokol yang tugasnya mengirim data dari web server ke browser. Dengan kata lain, HTTP adalah yang mengatur proses melihat situs web.

Namun, masalah utama dengan menggunakan HTTP adalah keamanan. Karena ketika data dipertukarkan, data dapat dilihat oleh pihak lain.

HTTPS adalah versi HTTP yang lebih aman; S adalah singkatan dari Safe. HTTPS sudah menggunakan sistem enkripsi atau enkripsi data yang menyulitkan pihak lain untuk diretas.

Penggunaan HTTPS sangat disarankan, terutama untuk website yang menyimpan data pelanggan seperti B. Toko online atau website member.

Jika situs telah menerapkan HTTPS, URL akan dimulai dengan https://, seperti situs Niagahoster ini:
Contoh penggunaan https

Juga, perbedaan antara HTTP dan HTTPS adalah:
1. Penggunaan Port

Perbedaan pertama antara HTTP dan HTTPS adalah penggunaan port untuk mengirim dan menerima data.

HTTP menggunakan port 80, dimana komunikasi data masih menggunakan teks biasa, sehingga rentan diretas.

Sedangkan HTTPS menggunakan port 443 yang lebih aman, dimana setiap komunikasi atau transmisi data dienkripsi sehingga tidak mudah dibaca oleh pihak lain.
2. Penggunaan SSL

HTTP adalah protokol yang belum menggunakan sertifikat keamanan SSL. Sedangkan HTTPS sudah menggunakan SSL/TLS (Transport Layer Secure) untuk enkripsi datanya.

Saat SSL melalui HTTPS diaktifkan, pesan dienkripsi saat browser meminta data dari server web. Dengan begitu, itu hanya dapat dibaca dengan benar oleh situs web yang memiliki kunci enkripsi yang ditentukan.

Kehadiran SSL pada sebuah situs web ditunjukkan dengan ikon gembok hijau di bilah URL di browser.
3. Keamanan Data

HTTPS menggunakan tiga teknik keamanan data, yaitu otentikasi server, enkripsi data, dan integritas data. Itu tidak ditemukan dalam protokol HTTP.

Ini adalah perbedaan yang paling terlihat antara HTTP dan HTTPS.

Otentikasi server dapat memastikan bahwa pengguna berkomunikasi dengan situs yang benar. Dengan demikian, HTTPS dapat menghindari serangan man-in-the-middle atau penyusup saat pertukaran data berlangsung.

Selain itu, enkripsi data dilakukan untuk melindungi dari pencurian dan penyadapan selama transmisi data.

Akhirnya, integritas data diperlukan untuk transfer berlangsung. Hal ini terjadi karena data yang dikirim dibungkus oleh protokol sehingga tidak dapat diubah.

HTTPS memiliki keamanan yang lebih tinggi. Jadi bagaimana sebenarnya HTTPS bekerja? Mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang HTTPS
Bagaimana cara kerja HTTPS?
Bagaimana cara kerja http dan https?

Ketika akses ke situs web diminta, browser terlebih dahulu memeriksa apakah situs web terhubung dengan sertifikat SSL/TLS atau tidak. (Ini tidak terjadi dengan koneksi HTTP).

Jika situs web memiliki sertifikat SSL, proses handshake SSL terjadi antara server dan klien untuk enkripsi dan dekripsi data.

Jadi jika sertifikat SSL valid, kunci sesi dibuat oleh server dan klien. Ini berarti bahwa komunikasi data yang aman dapat berlangsung. Browser juga menampilkan gembok hijau di bagian URL situs web.

Dengan cara ini, proses browsing di website telah divalidasi untuk keamanan. Apakah Anda ingin data website Anda terlindungi juga?
Dapatkan sertifikat SSL murah sekarang!
Apa itu fitur HTTPS?

Setidaknya ada tiga fitur utama HTTPS yang perlu Anda ketahui, yaitu:
1. Tingkatkan keamanan situs web

HTTPS menggunakan sistem enkripsi yang mengenkripsi data, sehingga sulit untuk diretas, menghindari pencurian data, atau mengirim data palsu.
2. Meningkatkan kredibilitas situs

Situs web menggunakan URL dengan awalan https:// dan browser menampilkan ikon gembok hijau di situs web. Ini memberikan perlindungan tambahan untuk seluruh proses transmisi data di situs web.
3. Efek positif pada SEO

Algoritma

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel terpercaya

20