Thermometer-adalah-fungsi-jenis-dan-cara-pengoperasian-termometer

Thermometer adalah: fungsi, jenis dan cara pengoperasian termometer

Definisi termometer
Buka baca cepat
Anda sudah mengetahui dari uraian sebelumnya bahwa besaran yang digunakan untuk mengukur panas atau dingin suatu keadaan disebut suhu. Jadi, apakah Anda tahu cara mengukur suhu suatu situasi secara akurat? Untuk mengukur suhu suatu situasi, alat yang disebut termometer digunakan. Termos artinya panas, alat ukur artinya pengukur. Jadi termometer adalah alat untuk mengukur derajat hangatnya suatu benda atau biasa disebut suhu. Termometer biasanya terdiri dari tabung kaca berongga panjang dan sempit yang disebut tabung kapiler yang berisi cairan, biasanya alkohol atau merkuri (merkuri), sedangkan bagian atas cairan adalah ruang hampa.
Prinsip dasar termometer adalah pemuaian zat cair. Oleh karena itu, termometer yang diisi dengan cairan memiliki sifat termometri. Sifat termometri adalah sifat suatu benda yang dapat dengan mudah diubah karena pengaruh suhu. Biasanya cairan yang digunakan sebagai pengisi termometer adalah alkohol atau merkuri. Kedua fluida ini memiliki sifat termometri yang lebih baik daripada fluida lainnya. Termometer memiliki skala pada dinding kaca sehingga pengukuran suhu dengan termometer dapat mengenali nilainya. Tidak semua termometer menggunakan skala yang sama. Dikenal sebagai Celsius (C) dan Fahrenheit (F) antara lain. Dalam sistem internasional, skala temperatur menggunakan skala Kelvin (K), namun di Indonesia sering digunakan pengukuran temperatur Celcius (° C).

Thermometer-adalah-fungsi-jenis-dan-cara-pengoperasian-termometer

Bagian dan fungsi termometer

Termometer yang biasa digunakan adalah termometer cair dengan pengisi tabung kapiler yaitu merkuri atau alkohol. Oleh karena itu, bagian termometer yang dijelaskan di sini adalah termometer yang berisi cairan yaitu termometer merkuri. Berikut ini adalah bagian-bagian termometer beserta fungsinya yaitu sebagai berikut:
Tabung kaca

Ini adalah badan termometer yang berisi komponen utama termometer seperti tabung kapiler dan skala termometer.

Tabung gelas (tabung kapiler)

Itu adalah tabung sempit berisi cairan, dalam hal ini merkuri. Fungsi tabung kapiler ini adalah agar terjadi pemuaian merkuri. Saat merkuri mengembang (volumenya meningkat), merkuri naik ke atas tabung kapiler. Di sisi lain, ketika merkuri menyusut, merkuri jatuh.
bingkai

Merupakan bagian termometer yang berupa garis-garis dengan angka. Skala ini berfungsi untuk menentukan derajat temperatur suatu benda. Semakin besar angka yang ditampilkan pada skala tersebut, semakin tinggi suhu benda tersebut dan sebaliknya.
cair

Pengisi termometer (merkuri) merupakan bagian terpenting karena berfungsi sebagai komponen untuk menunjukkan tingkat suhu suatu benda. Saat suhu benda tinggi (panas), merkuri mengembang. Sebaliknya bila suhu benda rendah (dingin) maka merkuri akan menyusut.
memperdalam

Biasanya ada kolom merkuri di termometer tubuh. Depresi ini bekerja sedemikian rupa sehingga cairan yang mengembang tidak mudah jatuh kembali. Sebelum kita menggunakan termometer tubuh, kita harus menggoyangkan termometer terlebih dahulu agar merkuri turun.

Tandon (reservoir)

Ini adalah bagian terendah dari termometer yang berfungsi sebagai titik kontak antara benda yang akan diukur suhu dan termometer. Ketika ada kontak (sentuhan) antara reservoir dan benda, panas ditransfer melalui konduksi. Akibatnya suhu reservoir berubah sesuai suhu benda, dan cairan di dalam tabung kapiler mengembang atau menyusut sesuai suhu benda tersebut.
Jenis termometer
Ada banyak jenis termometer yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada artikel ini kita hanya akan membahas jenis termometer yang didasarkan pada cairan pengisi tabung kapiler dan berdasarkan skalanya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis termometer secara keseluruhan, silahkan baca artikel tentang 15+ Jenis Termometer, Gambar, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya.
Jenis termometer berdasarkan fluida pengisi pipa
Termometer yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah termometer yang terbuat dari tabung kaca berisi cairan. Termometer dengan tabung kaca berisi cairan ini disebut termometer cair. Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis zat cair yang digunakan untuk pengisi termometer, yaitu merkuri dan alkohol. Jadi, ada dua jenis termometer cair, termometer air raksa dan termometer alkohol. Pro dan kontra penggunaan merkuri dan alkohol

 

 

LIHAT JUGA :

https://jalantikus.app/
https://freemattandgrace.com/
https://merpati.co.id/
https://apkmod.co.id/
https://sel.co.id/
https://www.jawarafile.com/
https://www.ram.co.id/
https://situsiphone.com/
https://9apps.id/
https://ngegas.com/