Wartawan-Pengertian-Manfaat-Jenis-Tugas-Ciri

Wartawan: Pengertian, Manfaat, Jenis, Tugas, Ciri

Definisi jurnalis
Buka baca cepat

Wartawan adalah seseorang yang bertugas mencari informasi tentang suatu berita yang terjadi sehingga dapat disajikan kepada semua lapisan masyarakat. Biasanya jurnalis melakukan kegiatan jurnalistik atau orang-orang yang rutin menulis berita (dalam bentuk pemberitaan) dan yang tulisannya disiarkan / dimuat secara rutin di media massa.

Wartawan-Pengertian-Manfaat-Jenis-Tugas-Ciri
Tujuan jurnalistik

Tujuan jurnalis meliputi:

mendapatkan informasi
Untuk mendapatkan fakta atau bukti nyata
Untuk mendapatkan fakta-fakta kunci dari sebuah wawancara, reporter perlu menemukan sumber informasi akurat yang kredibel dan andal.
Jurnalis dapat mewawancarai orang-orang yang mereka temui di jalan untuk menanyakan pendapat mereka tentang kondisi atau masalah tertentu.

Keuntungan sebagai jurnalis

Manfaat menjadi jurnalis meliputi:

Dapat menemukan banyak informasi.
Ilmu semakin meningkat.
Bisa menambah pengalaman.
Bisa mengetahui hal-hal baru lebih cepat dari orang lain
Memiliki jaringan pertemanan yang luas
Dapatkan kesempatan untuk bertemu artis, menteri, dan orang penting lainnya
Jam kerja geser
Para petualang sering berjalan-jalan atau berkeliling mendengarkan berita.

Jenis jurnalis

Jenis jurnalis adalah sebagai berikut:

1. Wartawan profesional

Jurnalis profesional adalah jurnalis yang menjadikan jurnalistik sebagai pekerjaan sehari-hari. Atau diyakini sebagai tugas utama.
2. Jurnalis lepas

Jurnalis lepas adalah jurnalis yang tidak terikat pada satu surat kabar atau berita. Dia membuat tiga jurnalis. Meskipun karyanya disalurkan ke berbagai media, ia tidak terikat pada satu publikasi atau surat kabar.
3. Reporter kantor berita

Reporter kantor berita adalah reporter kantor berita atau kantor berita. Tugas wartawan ini adalah mencari berita untuk kantor berita. Berita tersebut kemudian didistribusikan atau dijual ke berbagai agen penerbitan sesuai kebutuhan.
4. Koresponden

Koresponden adalah jurnalis yang bekerja di daerah dan tidak berada di kota yang sama dengan penerbitnya. Mereka bekerja dan menulis pesan dan mengirimkannya melalui surat, fax, modem, telepon, dan alat komunikasi lainnya.
Tugas Jurnalis

Pekerjaan seorang jurnalis adalah melaporkan. Pelaporan merupakan salah satu bentuk pelaporan yang membutuhkan kemampuan melaporkan dan menulis tentang berbagai mata pelajaran. Jurnalis melapor ke berbagai kantor berita seperti surat kabar, televisi berita dan stasiun radio berita tempat mereka seharusnya mengumpulkan berita.

Tugas jurnalis dalam buku Blur: How to Know What’s True in the Information Deluge Age karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel adalah sebagai berikut:

Otentikator

Autentikator komunitas membutuhkan jurnalis yang dapat memverifikasi keaslian berita atau informasi.

Sense Maker

Sense Marker adalah seorang jurnalis yang dapat menjelaskan apakah informasi tersebut berguna atau tidak.

Peneliti

Penyidik ‚Äč‚Äčadalah jurnalis yang harus terus mengawasi kekuasaan dan mengungkap kejahatan

Pembawa Withness

Withness Bearer adalah pekerjaan reporter yang harus meneliti dan memantau kejadian tertentu dan dapat bekerja sama dengan wartawan.

Pemberdayaan

Pemberdayaan adalah jurnalis yang memungkinkan sesama jurnalis dan warga untuk terus melakukan percakapan dengan keduanya.

Agregator cerdas

Smart Aggregator adalah jurnalis yang harus pintar berbagi sumber berita terpercaya, laporan yang berwawasan, bukan hanya karya jurnalis itu sendiri.
Baca lebih lanjut: Gerakan Parabola

penyelenggara

Penyelenggara adalah jurnalis untuk organisasi berita lama atau baru.

Idola

Role Model adalah seorang jurnalis yang tidak hanya berkarya dan menghasilkan karya, tetapi juga harus mencontohkan perilaku jurnalis di ruang publik.
Karakteristik jurnalis

Ciri-ciri jurnalis antara lain:
1. Penguasaan keterampilan jurnalistik

Seorang jurnalis harus memiliki pengalaman menulis berita sesuai dengan prinsip jurnalistik. Ia harus menguasai teknik menulis berita, feature, dan artikel. Oleh karena itu, jurnalis sebenarnya adalah orang yang pernah mengikuti pelatihan jurnalistik khusus atau minimal pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dasar. Ia harus terlatih dengan baik dan memiliki keterampilan jurnalistik, yang selain memiliki pemahaman yang baik tentang makna sebuah cerita, mencari dan menulis.

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/

2