Sony perkenalkan Xperia 1 IV yang akan dijual mulai September seharga Rp23 juta

Sony perkenalkan Xperia 1 IV yang akan dijual mulai September seharga Rp23 juta

Rate this post

Sony perkenalkan Xperia 1 IV yang akan dijual mulai September seharga Rp23 juta

Sony baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya, Sony Xperia 1 IV. Seperti namanya, ini adalah iterasi keempat dari smartphone dalam seri Xperia 1 kelas atas dan menawarkan spesifikasi dan fitur terbaik. Jadi mari kita lihat bersama.
Desain & Tampilan

Raksasa teknologi Jepang ini biasanya mengikuti filosofi desain yang sederhana namun berkualitas tinggi, yang juga tercermin dalam Xperia 1 IV. Smartphone ini hadir dengan desain datar di bagian depan dan belakang namun dengan sudut membulat.

Di bagian belakang, Sony menyematkan pengaturan tiga kamera yang ditumpuk secara vertikal bersama dengan branding ZEISS. Bagian depan memiliki dagu dan bezel notch yang cukup tebal. Karena Sony sangat menekankan pada kamera, Xperia I IV juga memiliki tombol rana khusus.

Seperti beberapa produsen smartphone lainnya, Sony juga telah bergerak menuju keberlanjutan dan jejak karbon nol. Itulah mengapa kemasan Xperia 1 IV kini 50 persen lebih kecil dan tidak mengandung plastik. Handset ini menampilkan layar OLED HDR 4K 6,5 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan rasio aspek 21:9.

Khususnya, Sony menegaskan bahwa layar Xperia 1 IV juga menawarkan pengurangan blur dan kecepatan pemindaian sentuh 240Hz. Layarnya juga dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Sony mengklaim bahwa panel OLED baru Xperia 1 IV adalah layar 4K paling terang, yang 50 persen lebih terang dari generasi sebelumnya.
Spesifikasi dan Fitur

Smartphone premium ini dilengkapi dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1 terbaru dan terhebat dari Qualcomm. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB atau 512GB. Handset ini ditenagai oleh baterai 5.000mAh yang mendukung pengisian cepat 30W dan bahkan pengisian nirkabel.

Fitur penting lainnya termasuk sistem operasi Android 12, pemindai sidik jari untuk keamanan, sertifikasi IP68 untuk tahan air dan debu, speaker stereo. Belum lagi, Sony juga menyelipkan jack headphone 3.5mm yang mendukung audio Hi-Res.

Menariknya, Sony juga membenamkan fitur-fitur yang dibutuhkan pembuat konten saat membuat Xperia 1 IV. Fitur ini juga dapat digunakan oleh videografer, gamer, musisi dan lain-lain. Oleh karena itu, smartphone ini menawarkan dukungan live streaming melalui mode “Videography Pro” dan dukungan gameplay live streaming.

Sekarang! Untuk para musisi, smartphone ini juga dilengkapi dengan sound tuning Dolby Atmos yang bekerja sama dengan Sony Pictures Entertainment. Tak ketinggalan, Sony juga membekali smartphone flagship terbarunya dengan fitur 360 Reality Audio.
kamera

Di bagian belakang, Xperia 1 IV menampilkan pengaturan tiga kamera yang terdiri dari tiga sensor 12MP. Ini termasuk kamera utama 24mm F1.7 dengan sensor 1/1.7-inci, dipasangkan dengan lensa ultra lebar 16mm F2.2 dan akhirnya lensa zoom telefoto 85-125mm F2.3 hingga 2.8.

Menariknya, semua sensor tersebut mendukung OIS (Optical Image Stabilization). Ada juga selfie shooter 12MP di bagian depan, yang sekarang juga mendukung perekaman video 4K HDR. Fitur bawaan lainnya adalah mode perekaman video sinematik yang dilengkapi dengan autofokus pelacakan subjek.
Harga & Ketersediaan

Sony Xperia 1 IV merupakan smartphone kelas flagship. Namun dibanderol dengan harga $1,599 atau setara dengan Rp23 juta, smartphone ini justru layak mendapat tempat di segmen ultra-premium bersama Apple iPhone 13 Pro Max dan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Smartphone tersebut akan mulai dijual pada September 2022, meskipun smartphone tersebut sudah tersedia untuk pre-order mulai hari ini (11 Mei 2022) di situs resmi Sony. Perangkat ini dapat dibeli dalam beberapa model warna termasuk hitam, putih es, dan ungu.

Sumber :

54